Jumat, 09 Oktober 2009

Download Peta dari Google Maps Menggunakan Browser Firefox

Bagaimana melakukan download peta dari Google Maps dengan menggunakan browser Firefox?

referensi: http://www.blogger.com/post-create.g?blogID=4922707922355561749

Kata “download” mungkin bukan kata yang tepat untuk proses ini. Kata “capture” atau merekam tampilan layar browser Firefox mungkin lebih tepat, karena proses sebenarnya memang melakukan capture maps from Google Maps. . Mengapa harus menggunakan browser Firefox? Karena tersedia sebuah add on untuk Firefox yang memiliki kemampuan untuk merekam seluruh halaman di layar browser. Dengan add on ini Anda bisa merekam seluruh tampilan website kesayangan Anda dari header hingga footer sekaligus. Add on ini diberi nama Screengrab yang bisa diperoleh di link ini.

Inti dari proses kerja download peta dari Google Maps ini adalah saat melakukan kustomisasi ukuran peta yang ingin di tempelkan dalam halaman web. Caranya, di Google Maps klik pada tautan Link di kanan atas tampilan peta, kemudian klik pada “Customize and preview embedded map” . Di jendela yang terbuka itulah Anda bisa melakukan kustomisasi ukuran peta yang ingin ditampilkan, untuk kemudian mengambil (copy) script yang terdapat di bagian paling bawah jendela tersebut. Script tersebut kemudian disimpan sebagai file html, agar bisa dibuka dengan browser Firefox. Kemudian dengan menggunakan Screengrab, simpan peta yang ditampilkan tersebut sebagai file PNG atau JPG.

Saya merekam Jalan Sisingamangaraja Yogyakarta dengan sekali proses menggunakan trik ini. File yang dihasilkan pun sangat tajam jika disimpan dengan format PNG. tapi file juga disimpan dalam bentuk JPEG cuman klo JPEG dia gambarnya ga sebegitu tajam klo disimpen di dengan format PNG

oya ini peta yang saya donlot dari map.google.com dengan trik yang sudah saya sebutkan

Tidak ada komentar: